MCNLive.org

Penyebab Baterai Smartphone Meledak Yang Mesti Diwaspadai

Penyebab Baterai Smartphone Meledak – Banyak sekali kasus smartphone yang mendadak meledak akhir-akhir ini. Hal ini sebenarnya bisa dipicu karena beberapa faktor. Salah satu yang paling berpengaruh adalah baterai yang tidak tahan terhadap suhu terlalu tinggi.

Overheating menjadi penyebab paling utama masalah satu ini. Maka dari itu sebisa mungkin untuk selalu menjaga smartphone agar tidak sampai mengalami panas berlebih. Baterai yang meledak ini sangat berbahaya bagi lingkungan termasuk orang yang berada di dekatnya.

Pemakaian charger dan baterai yang tidak asli menjadi pemicu utama penyebab baterai meledak. Maka dari itu anda mesti mewaspadai apa saja kemungkinan yang bisa menyebabkan ponsel meledak. Dengan tahu penyebabnya, anda tetap bisa menggunakan gadget secara aman dan tidak menyebabkan gadget rusak sia-sia. Selain itu anda juga bisa mencegah kehilangan nyawa karena efek ledakan baterai.

Penyebab Baterai Smartphone Meledak Yang Mesti Diwaspadai
Penyebab Baterai Smartphone Meledak Yang Mesti Diwaspadai

Penyebab Baterai Smartphone Meledak

Nah, berikut ini ulasan selengkapnya untuk beberapa penyebab baterai smartphone meledak.

1. Menggunakan charger non ORI

Sebuah perangkat smartphone atau tablet biasanya dijual satu set dengan chargernya. Charger bawaan pabrik tersebut sudah disetting sedemikian rupa sehingga daya yang dialirkan sesuai dengan kebutuhan baterai. Jika anda menggunakan charger non ori, akibatnya akan terjadi aliran daya yang tidak stabil pada smartphone dan menyebabkan ponsel lebih mudah panas dan kemungkinan besar membuat baterai mudah meledak.

Baca Juga:  Harga Evercoss Genpro Z Terbaru dan Spesifikasi Lengkapnya

2. Mengisi baterai yang sudah penuh

Baterai yang meledak bisa disebabkan karena overheating perangkat. Hal ini bisa dipicu oleh pengguna yang terlalu lama mengisi baterai. Baterai yang sudah terlalu penuh membuatnya tidak kuat lagi menampung aliran daya. Hal ini menyebabkan overheating pun terjadi dan smartphone bisa saja meledak. Anda bisa menggunakan alarm sebagai pengingat waktu ketika mengisi daya.

3. Baterai rusak

Baterai rusak bisa dikenali dari mudah cepatnya daya yang dimilikinya habis dan akan cepat pula proses penuhnya walaupun baru beberapa saat diisi. Hal ini mesti anda waspadai. Karena jika kondisi baterai rusak dibiarkan terus menerus akan berdampak pada mudahnya mengalami overheating. Dampak terburuknya adalah mudahnya perangkat untuk meledak.

4. Memakai hp saat sedang di charge

Sangat disarankan untuk mematikan ponsel sementara sedang diisi baterainya. Hal ini agar aliran daya yang masuk ke dalam ponsel lebih stabil dan pengisian pun lebih cepat. Jika pada saat pengisian ponsel tetap digunakan maka kemungkinan akan mengalami overheating. Terlebih jika anda menggunakannya untuk mengoperasikan aplikasi berat. Jika overheating sudah sangat parah maka yang terjadi adalah ledakan baterai pada smartphone anda.

Baca Juga:  Keuntungan dan Kerugian Root Android yang Harus Anda Ketahui

5. Meletakan dekat sumber panas

Jauhkan smartphone dari sumber panas. Misalnya di dekat barang elektronik, bagasi motor, hingga laci mobil. Hal ini mampu membuat perangkat mengalami overheating. Panas yang ada pada area tersebut mampu memicu reaksi negatif pada baterai smartphone. sebaiknya matikan ponsel terlebih dulu jika anda hendak menyimpannya di area tertutup agar tidak mengalami overheating.

Demikian beberapa penyebab mengapa baterai ponsel android bisa meledak dari MCNLive.org. Semoga anda tetap waspada agar kondisi demikian tidak terjadi.