MCNLive.org

Cara Mudah Cek Gula Darah Secara Mandiri

Cara Mudah Cek Gula Darah – Peduli terhadap kesehatan diri sendiri salah satunya bisa ditempuh dengan cek gula darah. Dengan mengetahui kadar gula dalam darah kita maka bila ada kelainan fungsi tubuh segera bisa dilakukan pencegahannya sejak dini.

Salah satu penyakit yang bisa terdeteksi dini bila melakukan cek gula darah dengan rutin adalah diabetes mellitus atau kencing manis. Orang yang abai dengan kondisi gula darah dan kencing manis bisa berisiko menderita gangguan fungsi ginjal yang bisa berakibat kematian.
cara cek gula darah sendiri

Tips Cara Cek Gula Darah dengan Mudah

Cara cek gula darah tak mesti harus ke laboratorium kesehatan atau ke rumah sakit. Anda pun bisa melakukannya sendiri di rumah cukup dengan test kit yang saat ini banyak dijual di apotek. Ada banyak jenis glukosa meter yang umumnya memiliki ukuran kecil dan disertakan jarum untuk menusuk jari serta strip pengambil sampel darah.

Akan tetapi sebelum membeli anda harus tahu dulu beberapa ketentuan penggunaan alat cek gula darah ini. Pertama untuk mengecek ketepatan pengukuran alat maka secara berkala harus dibandingkan dengan hasil pengecekan laboratorium. Bila hasilnya tak berbeda jauh maka alat itu boleh terus digunakan. Kedua alat cek gula darah ini harus menunjukkan hasil yang relatif sama dalam rentang waktu tertentu.

Baca Juga:  Cara Buat Path Daily dengan Mudah

Tata cara cek gula darah secara mandiri, pertama dengan membersihkan ujung jari yang akan ditusuk untuk diambil sampel darahnya. Gunakan kapas yang dibasahi dengan alkohol untuk menstrerilkannya. Siapkan juga jarum tusuk steril, tusukkan jarum ke ujung jari, darah yang keluar usapkan pada strip uji.

Cuci kembali bekas tusukan tadi agar tak terjadi infeksi. Jarum tusuk jangan digunakan lebih dari sekali untuk menghindari infeksi yang mungkin terjadi. Setelah beberapa saat maka alat glukosa meter akan menunjukkan hasil pengukuran kadar gula darah.

Patokannya kadar gula darah normal adalah di kisaran 70-150 mg/dl. Kadar tersebut akan melonjak sesudah makan. Patokan terbaru yang dikeluarkan oleh American Diabetes Association menyarankan cek gula darah sehabis makan hasilnya tak melebihi 180 mg/dl. Patokan yang dikeluarkan oleh International Diabetes Federation malah lebih rendah lagi yaitu tak melebihi 140 mg/dl dua jam sehabis makan. Bila ternyata kadar gula darah melebihi ambang batas normal yang direkomendasikan maka tentunya pengaturan pola makan harus mulai dicanangkan sebab tanda-tanda terkena kencing manis mulai mengincar. Bila gula darah terkendali pastinya akibat komplikasi dari DM akan terkurangi.

Baca Juga:  5 Tips Pacaran Jarak Jauh Agar Bisa Langgeng