MCNLive.org

Cara Menghitung Usia Kehamilan Paling Mudah

Cara Menghitung Usia Kehamilan – Acapkali sebagian ibu hamil masih bingung memastikan berapa usia kehamilan dari janin yang dikandungnya. Fakta yang kerap terjadi yaitu hitungan dokter tak sama dengan hitungan ibu hamil.

Akibatnya ibu hamil menjadi cemas jangan-jangan waktu melahirkan sudah lewat atau sebaliknya masih prematur. Cara menghitung usia kehamilan yang benar itu yang seperti apa?

Pada satu siklus haid, satu sel telur dikeluarkan ovarium 14 hari sebelum haid selanjutnya yang disebut ovulasi. Sel telur itu kemudian menuju saluran tempat terjadinya pembuahan. Bila terjadi pembuahan maka akan dibawa ke rahim yang kemudian mengalami pembelahan sel dan menjadi embrio. Namun bila tak ada pembuahan maka sel telur akan dikeluarkan bersama darah menstruasi.

cara menghitung usia kehamilan yang akurat

Cara Menghitung Usia Kehamilan

Cara menghitung usia kehamilan biasanya dalam satuan minggu diawali dari hari pertama menstruasi terakhir. Disebabkan ovulasi biasanya berlangsung pada 2 minggu semenjak menstruasi pertama lalu fertilisasi terjadi sesudah ovulasi dengan begitu usia embrio 2 minggu lebih muda dibanding usia kehamilan sesungguhnya.

Baca Juga:  Cara Cek Domain yang Masih Tersedia

Wanita yang dinyatakan hamil 4 minggu maka usia janin di rahim baru 2 minggu. Bila siklus menstruasi tak teratur maka perbedaan itu bisa melebihi 2 minggu. Bila wanita sudah 2 minggu terlambat menstruasi, dokter akan menyatakan usia kehamilannya 6 minggu.

Kehamilan biasanya berlangsung selama 38 minggu dimulai dari pembuahan. Tanggal perkiraan melahirkan umumnya dihitung dengan mengurangi 3 bulan semenjak hari menstruasi pertama, sementara hari ditambahkan 7 dan untuk tahun ditambahkan 1. Misalnya wanita hamil dimana hari pertama menstruasi terakhir adalah 1 Juli 2017, kemungkinan hari melahirkan yaitu 8 Maret 2018.

Biasanya untuk memastikan usia kehamilan digunakan tes urine atau darah. Namun kini dengan kemajuan teknologi internet, cara menghitung usia kehamilan sudah bisa dilakukan secara online.

Beberapa website memberikan layanan untuk menghitung usia kehamilan yang dinamakan dengan kalkulator kehamilan, salah satunya yaitu http://luvizhea.com/kalkulator-kehamilan/. Cukup dengan memasukkan data tanggal menstruasi terakhir dan siklus menstruasi kemudian tinggal klik tombol Hitung untuk memperkirakannya.

Berikut contoh cara perhitungan usia kehamilan secara online yang dicek tanggal 22 Mei 2017 :

Baca Juga:  10 Cara Download Foto Dari Instagram Paling Mudah

Bila tanggal menstruasi terakhir (HPHT) : 1 Januari 2017 dan siklus menstruasi : 28 hari. Maka awal Kehamilan: 15 Januari 2017 ; usia kehamilan saat ini: 20 minggu, 1 hari ; usia kehamilan 3 bulan: 26 Maret 2017 ; usia kehamilan 7 bulan : 9 Juli 2017 ; perkiraan kelahiran normal : 8 Desember 2017.