MCNLive.org

Cara Menghemat Kuota Internet di Komputer atau Laptop OS Windows 10

Cara Menghemat Kuota Internet di Komputer atau Laptop OS Windows 10 – Windows 10 memang berhasil menggebrak pasar ketika pertama kali diluncurkan di pasaran pada tahun 2015 lalu. Namun karena sistem operasi Windows 10 masih terus dikembangkan, maka selama beberapa tahun ini ada banyak sekali masalah yang dikeluhkan oleh pengguna.

Salah satu masalah yang cukup serius di komputer atau laptop yang menggunakan sistem operasi Windows 10 adalah tingginya penggunaan kuota internet.

Anda yang saat ini sudah menggunakan koneksi internet unlimited memang tidak akan merasakan masalah ini. Namun mayoritas orang pasti mencari cara menghemat kuota internet ketika menggunakan laptop ataupun komputer dengan OS Windows 10 ini.

Baca juga: MyXL, Cara Cek Kuota Internet XL Paling Cepat

Baca juga: Tips Cara Hemat Kuota Internet XL

Cara Menghemat Kuota Internet di Komputer atau Laptop OS Windows 10

Cara Menghemat Kuota Internet di Komputer

Mau tau bagaimana cara menghemat kuota internet jika anda menggunakan komputer atau laptop dengan sistem operasi Windows 10? Baca lebih lanjut artikel ini untuk mendapatkan solusinya.

Kenapa Windows 10 Boros Kuota Internet?

Sebelum membahas mengenai bagaimana cara menghemat kuota bagi anda yang menggunakan sistem operasi Windows 10 di laptop maupun komputer, ada baiknya anda ketahui terlebih dahulu kenapa Windows 10 membuat kuota internet anda cepat habis.

Berikut ini adalah beberapa penyebab mengapa laptop ataupun komputer dengan sistem operasi Windows 10 sangat boros kuota internet:

1. Adanya fitur sinkronisasi dengan penyimpanan cloud

Penyimpanan cloud atau penyimpanan awan memang merupakan teknologi penyimpanan data terbaru yang sudah mulai banyak digunakan di jaman sekarang.

Teknologi penyimpanan data ini memang sangat menguntungkan, terutama bagi anda yang menggunakan beberapa macam perangkat. Anda tidak perlu repot mengambil data yang anda simpan di satu perangkat untuk dibuka di perangkat lain jika sudah menggunakan penyimpanan awan.

Sayangnya, teknologi penyimpanan awan tersebut membuat komputer atau laptop anda terus menerus terhubung dan menggunakan koneksi internet untuk melakukan sinkronisasi data.

Karena terus menerus melakukan sinkronisasi data dengan penyimpanan awan, jelas kuota internet yang anda gunakan menjadi lebih boros.

2. Adanya fitur Cortana

Penyebab lain dari borosnya konsumsi kuota internet pada laptop maupun komputer yang menggunakan sistem operasi Windows 10 juga disebabkan karena penggunaan fitur Cortana.

Baca Juga:  Cara Instal MCNLive ke USB menggunakan CD Terbaru

Cortana merupakan fitur asisten virtual yang memang sangat menguntungkan untuk digunakan, terutama bagi anda yang sering melakukan multitasking di komputer atau laptop.

Namun efek dari penggunaan fitur Cortana tersebut adalah kuota internet menjadi semakin boros. Pasalnya, Cortana membutuhkan koneksi internet untuk bisa digunakan secara maksimal.

3. Update sistem otomatis

Sistem operasi Windows 10 memang belum sempurna. Oleh sebab itu, Microsoft memang sangat giat melakukan update sistem secara berkala.

Untuk memastikan setiap pengguna sistem operasi Windows 10 mendapatkan update terbaru, maka Microsoft membuat sistem update otomatis yang tidak bisa dimatikan seperti di versi Windows sebelumnya.

Karena update sistem otomatis tidak bisa dimatikan, secara tidak langsung hal ini juga turut menjadi penyebab utama kenapa kuota internet anda menjadi jauh lebih boros yang akhirnya membuat anda mencari cara menghemat kuota.

4. Penggunaan sistem peer to peer

Satu lagi penyebab utama mengapa banyak pengguna Windows 10 mencari cara menghemat kuota adalah karena sistem tersebut menggunakan peer to peer.

Yang dimaksud dengan sistem peer to peer adalah sesama pengguna sistem operasi Windows 10 berbagi bandwith internet untuk melakukan update. Jadi secara mudahnya, ada banyak orang yang melakukan update sistem operasi Windows 10 miliknya dengan menggunakan koneksi internet anda.

5 Cara Menghemat Kuota yang Bisa Dilakukan Oleh Pengguna Windows 10 di Komputer atau Laptop

Setelah mengetahui apa saja yang menjadi penyebab kuota internet menjadi lebih boros ketika digunakan di komputer atau laptop dengan sistem operasi Windows 10, sekarang anda bisa mulai mempelajari bagaimana cara menghemat kuota.

Berikut ini adalah 5 cara menghemat kuota yang sangat efektif untuk pengguna sistem operasi Windows 10 di laptop maupun komputer:

1. Aktifkan fitur metered connection

Bagi anda yang menggunakan sistem operasi Windows 10 di laptop maupun komputer, hal pertama yang wajib anda lakukan adalah mengaktifkan fitur metered connection.

Fitur satu ini adalah salah satu cara menghemat kuota yang sangat efektif. Anda bisa mengatur berapa batas wajar penggunaan internet anda. Jika penggunaan kuota internet anda sudah mendekati batas wajar tersebut, secara otomatis sistem akan mulai melakukan penghematan penggunaan kuota.

2. Matikan fitur cloud based protection

Selain mengaktifkan fitur metered connection, cara menghemat kuota selanjutnya yang juga cukup efektif untuk menghemat kuota internet anda adalah dengan mematikan fitur cloud based protection.

Cloud based protection adalah satu fitur keamanan yang sebenarnya sangat efektif untuk mencegah komputer atau laptop anda terjangkit virus dan juga mengatasi kerusakan-kerusakan sistem secara cepat. Namun sayangnya, fitur tersebut terlalu banyak mengkonsumsi kuota internet.

Baca Juga:  Cara Instal MCNLive ke USB menggunakan CD Terbaru

Untuk mematikan fitur cloud based protection ini, anda bisa melakukannya melalui menu pengaturan windows defender.

3. Matikan sinkronisasi dengan OneDrive

One drive adalah fitur penyimpanan awan bawaan dari sistem operasi Windows 10. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, teknologi penyimpanan awan ini merupakan salah satu fitur yang membuat kuota internet anda cepat habis.

Oleh sebab itu, mematikan sinkronisasi dengan OneDrive juga menjadi salah satu cara menghemat kuota yang cukup efektif.

4. Matikan fitur pengaturan sync

Sistem operasi Windows 10 memang memiliki satu kelebihan khusus seperti menyimpan pengaturan Windows anda agar bisa digunakan di perangkat lain.

Jadi dengan adanya fitur tersebut, anda hanya perlu login menggunakan akun anda di perangkat lain dan semua pengaturannya sama persis seperti di komputer atau laptop milik anda.

Namun demikian, fitur pengaturan sync ini juga salah satu hal yang paling banyak mengkonsumsi kuota internet. Oleh sebab itu, jika anda memang lebih mementingkan menghemat kuota, disarankan untuk mematikan fitur ini.

5. Matikan update aplikasi otomatis

Khusus bagi anda yang menggunakan cukup banyak aplikasi, anda juga perlu mematikan fitur update aplikasi otomatis di komputer atau laptop anda.

Pasalnya, selain fitur update sistem operasi Windows 10, update aplikasi otomatis juga merupakan salah satu hal yang menyebabkan kuota internet anda cepat habis.

Cara mematikan fitur update aplikasi otomatis ini juga cukup mudah. Anda bisa melakukannya dengan mengakses menu Windows store, kemudian pengaturan.

5 cara menghemat kuota untuk pengguna sistem operasi Windows 10 di laptop maupun komputer tersebut memang tidak bisa membuat kuota anda jauh lebih irit dari biasanya karena semua itu juga tergantung dari penggunaan anda sendiri.

Namun demikian, jika anda melakukan 5 cara menghemat kuota yang sudah dibahas di artikel ini, kuota internet anda jelas tidaka kan cepat habis tanpa sepengetahuan anda.