MCNLive.org

Cara Mengetahui Nomor BPJS Yang Lupa Secara Online dengan Mudah

Cara Mengetahui Nomor BPJS Yang Lupa Secara Online – Setiap peserta BPJS Kesehatan sebaiknya mengetahui nomor peserta yang tercetak di kartu. Namun bila ternyata kartu BPJS Kesehatan itu hilang sementara nomornya belum sempat dicatat maka akan menjadi masalah. Untung saja kini sudah ada cara mengetahui Nomor BPJS yang lupa secara online. Fasilitas tersebut bisa didapatkan di situs resmi BPJS Kesehatan.

Dengan memanfaatkan fitur-fitur yang disediakan di website resmi BPJS Kesehatan (bpjs-kesehatan.go.id), peserta akan memperoleh detil No BPJS yang ingin diketahui. Sekarang ini diberlakukan mekanisme pembayaran VA (virtual account) untuk sekeluarga artinya untuk membayar iuran seluruh anggota keluarga hanya dengan 1 kali pembayaran sekaligus. Menggunakan data tersebut maka bila salah satu No BPJS salah satu anggota keluarga diketahui maka akan dengan mudah mengetahui nomor BPJS dari kartu yang hilang.

Lupa nomor kartu bpjs kesehatan

Cara Mengetahui Nomor BPJS Yang Lupa Secara Online

Cara mengetahui nomor BPJS yang lupa secara online yaitu menggunakan nomor BPJS dari salah satu anggota keluarga dalam satu KK. Untuk cek nomor BPJS ini digunakan fitur pengecekan tunggakan iuran dengan mengakses ke https://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-checking/.

Baca Juga:  Cara Mengetahui Total Tagihan Tunggakan BPJS Kesehatan Paling Mudah

Pengguna selanjutnya diminta mengetikkan beberapa yaitu : Nomor Kartu BPJS, tanggal lahir dan kode validasi sesuai dengan yang nampak di layar. Sesudah itu klik pada tombol Cek untuk menampilkan informasi lengkap mengenai status kepesertaan BPJS Kesehatan meliputi : Nama Peserta, Nomor Peserta, Status Kepesertaan, Jenis peserta, Jumlah anggota keluarga, Informasi tagihan, denda, jumlah tagihan dan tenggat waktu pembayaran.

Langkah tersebut memang sesungguhnya berguna mengetahui tagihan iuran bulanan BPJS Kesehatan. Akan tetapi dapat difungsikan untuk mengecek No peserta BPJS yang tak diketahui sementara kartunya sendiri hilang. Lewat cara tersebut data setiap anggota keluarga peserta BPJS dalam satu KK akan ditampilkan seperti nama peserta, no. peserta, tunggakan dan lain sebagainya. Sementara untuk masalah kartu BPJS Kesehatan yang hilang peserta bisa segera mengurusnya di kantor BPJS Kesehatan setempat untuk dicetakkan yang baru.