MCNLive.org

Cara Cek Daftar Tunggu Haji Sistem Online dengan Mudah

Cara Cek Daftar Tunggu Haji Sistem Online dengan Mudah – Pergi haji bagi umat muslim adalah kewajiban yang harus dilaksanakan dengan syarat ada kemampuan. Kemampuan di sini meliputi mampu secara finansial dan kesehatan badan untuk pergi ke sana dan syarat kedua mampu dalam arti tahu dan paham tatacara ibadah haji.

Namun kini meski sudah memiliki kemampuan dana dan paham tatacara ibadahnya, belum tentu umat muslim di Indonesia bisa berangkat sebab diberlakukan sistem nomor porsi haji.
Cara Cek Daftar Tunggu Haji Sistem Online

cara melihat daftar tunggu haji online

Nomor porsi haji yaitu semacam nomor urut pendaftaran atau nomor antrian yang diperoleh saat calon jemaah haji membayar setoran awal pada bank penerima setoran haji. Untuk saat ini jumlah setoran awal haji yang disyaratkan adalah sebesar Rp.30 juta. Menggunakan nomor porsi haji maka calon jemaah haji bisa mengecek daftar tunggu haji secara online.

Pengecekan secara online ini untuk estimasi tahun keberangkatan haji sehingga calon jemaah haji bisa melakukan persiapan yang salah satunya adalah melunasi BPIH (Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji). Kemudian untuk mempersiapkan segala sesuatunya termasuk apa saja yang akan dibawa ke sana. Dan terakhir adalah mempersiapkan ilmu atau tata cara manasik haji dengan lebih matang.

Baca Juga:  Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

Nomor porsi haji yang diperoleh biasanya tertera dalam lembar bukti setoran awal yang dilakukan di bank penerima setoran haji. Terdiri dari 10 digit angka. Nomor porsi haji bukan lah nomor SPPH (Surat Pendaftaran Pergi Haji) yang diperoleh saat calon jemaah haji mendaftar pertama kali di kantor Kementerian Agama kabupaten atau kota. Misal nomor porsi haji : 1000694573.

Untuk mengecek perkiraan keberangkatan atau daftar tunggu haji, calon jemaah bisa mengakses website resmi Kementerian Agama Republik Indonesia di alamat http://haji.kemenag.go.id/v2/. Dari halaman yang terbuka, isikan nomor porsi pada kolom “Perkiraan Berangkat Nomor Porsi”. Selanjutnya klik tombol “Cari”. Bila anda mendaftar menggunakan jasa travel ibadah haji plus maka minta penyelenggara untuk mengecekkannya untuk anda.