MCNLive.org

Begini Cara Daftar BPJS Untuk Bayi yang Masih Dalam Kandungan

Cara Daftar BPJS Untuk Bayi yang Masih Dalam Kandungan – BPJS Kesehatan berusaha memberikan layanan asuransi kesehatan yang menyeluruh. Bukan hanya orang dewasa dan anak-anak, bahkan janin yang masih dalam kandungan pun sudah bisa dikover asuransi pemerintah ini. Sesuai Peraturan BPJS No. 23 Tahun 2015 menyatakan jika bayi dalam kandungan pun dapat diikutsertakan sebagai peserta dari 7-8 bulan masa kehamilan hingga paling telat 2 minggu menjelang kelahiran.

Bayi yang boleh didaftarkan tersebut dilahirkan oleh ibu yang juga sudah menjadi peserta dari kategori pekerja bukan penerima upah (PBPU) atau peserta mandiri. Untuk nama yang digunakan masih diatasnamakan Bayi Nyonya Nama_ibu_kandung. Sementara untuk nomor kartu keluarga masih ikut orang tuanya. Untuk tanggal lahir menggunakan tanggal pendaftaran. Untuk jenis kelamin berdasarkan hasil cek USG dalam bentuk surat keterangan dari dokter kandungan yang memeriksa.

cara daftar bpjs anak yang masih dalam kandungan

Cara Daftar BPJS Untuk Bayi yang Masih Dalam Kandungan

Selanjutnya untuk kelas rumah sakit yang dipilih disamakan dengan kelas yang digunakan ibunya. Paling lambat saat bayi berumur 3 bulan harus segera dilakukan perubahan identitas seperti nama dan tanggal lahir. Bila ternyata pihak keluarga tak mengurus perubahan identitas kepesertaan BPJS Kesehatan dari bayi tersebut maka otomatis kepesertaan tak Aktif.

Baca Juga:  Cara Cek Keanggotaan BPJS Kesehatan sudah Aktif Atau Belum

Cara daftar BPJS untuk bayi yang masih dalam kandungan, beberapa berkas yang harus dipersiapkan adalah : KTP orangtua, KK orang tua, kartu BPJS orang tua, hasil cek USG bila usia kehamilan 7-8 bulan dan surat keterangan hamil yang dikeluarkan bidan. Masing-masing berkas tersebut bisa difotokopi sebanyak 2 lembar. Selanjutnya langsung saja bawa berkas-berkas tersebut ke kantor BPJS terdekat. Peserta bayi dalam kandungan untuk iurannya dibayarkan sesudah dilahirkan.

Bagi peserta BPJS Kesehatan dari karyawan perusahaan tak dapat mendaftarkan bayi yang masih di dalam kandungan sebagai peserta BPJS Kesehatan. Apabila menghendaki bayi yang baru lahir ditanggung asuransi BPJS maka biasanya pihak rumah sakit memberikan kesempatan 3 hari setelah kelahiran untuk mendaftarkan bayinya.

Dengan begitu biaya melahirkan dan segala sesuatunya akan dibayarkan BPJS Kesehatan. Adapun berkas-berkas yang perlu dibawa untuk mengurus pendaftaran bayi ke BPJS Kesehatan adalah Surat Lahir dari rumah sakit, KTP Ibu kandung/keluarganya, kartu keluarga. Semuanya difotokopi masing-masing 2 lembar dan segera dibawa ke kantor BPJS setempat.

Baca Juga:  Begini Cara Cek Cendol Kaskus dengan Mudah