MCNLive.org

4 Cara Memperbaiki Memori Card MMC yang Rusak dengan Mudah

Cara Memperbaiki Memori Card MMC yang Rusak dengan Mudah –¬†Memory card atau MMC (multi media card) biasa digunakan sebagai media penyimpanan data di ponsel Android, handset BlackBerry, kamera digital ataupun handycam.

Meski saat ini harga memory card sudah makin murah saja, namun jika di dalamnya tersimpan banyak file berupa foto atau video momen-momen berharga dan ternyata kartu itu rusak tak bisa dibaca tentu tak bisa dinilai dengan uang. Cara memperbaiki memori Card/MMC yang rusak dengan mudah berikut ini bisa anda gunakan jika menghadapi masalah tadi :

cara memperbaiki memory card mmc

cara memperbaiki memory card mmc

Cara pertama : ambil memory card dari slotnya. Siapkan penghapus pensil yang lunak dan gosok-gosok perlahan lempeng tembaga dari memory card itu. Jangan menyentuh bagian tembaga langsung dengan ujung jari sebab akan kotor kembali. Tiup sisa-sisa karet penghapus dari permukaan tembaga, pasang memory pada slot dan coba hidupkan ponsel kembali. Cek apakah kartu memory sudah terbaca oleh sistem ponsel atau belum. Lanjutkan dengan cara berikut jika masih bermasalah.

Baca Juga:  Cara Cek Domain yang Masih Tersedia

Cara kedua : buka menu Options – Memory – Total Space – Repair. Atau untuk ponsel Android buka Setting – Storage – Erase SD Card. Cara ini ada kalanya dapat menanganinya dengan syarat tidak karena rusak fisik.

Cara ketiga : koneksikan ponsel dengan laptop menggunakan kabel data. Pilih koneksi ‘mass storage mode’ dan tidak ‘media transfer mode’. Masuk ke Windows Explorer dan klik kanan di drive memory card – Properties – Tools – Error Checking. Centang setiap pilihannya. Selanjutnya eject drive memory card dan coba cek kembali apakah memory card sudah dikenali oleh sistem ponsel.

Cara keempat : bila di laptop bisa terdeteksi namun tak terbaca di ponsel, anda bisa membuat folder baru di hardisk laptop. Copy semua isi memory card ke folder tadi sebagai file backup. Lakukan formatting memory card dengan cara, klik kanan drive memory card kemudian pilih opsi format. Berikan centang ke opsi FAT16 dan tekan tombol Start. Setelah selesai tekan tombol Close. Copy kembali file backup tadi ke memory card dan cek kembali.

Baca Juga:  Cara Menghitung Usia Kehamilan Paling Mudah